Eye Care Softgel

Bahaya Rokok Elektrik Yang Perlu Anda Ketahui

Bahaya Rokok Elektrik Yang Perlu Anda Ketahui

Pada kesempatan kali ini blogdianherbal.blogspot.com akan berbagi informasi seputar Bahaya Rokok Elektrik Yang Perlu Anda Ketahui yang perlu untuk anda ketahui. Rokok Elektrik kini menjadi penomena baru di tengah masyarakat Indonesia, tidak sedikit orang yang beralih dari rokok tembakau ke rokok elektrik, hal dini dikarenakan adanya anggapan bawha roko elektrik lebih aman dan lebih trendi. Namun apakah anda sudah yakin bahwa rokok eletrik itu aman.

Bahaya Rokok Elektrik Yang Perlu Anda Ketahui


Menurut kepala medis dari American Lung Association yaitu Norman Edelman berpendapat bahwa belum ada data yang cukup valid untuk menyimpulkan bahwa rokok elektrik lebih aman dari rokok tembakau, hal ini dikarenakan efek jangka panjang rokok elektrik belum diuji secara klinis.

Menurun Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) telah memperingatkan masyarakat bahwa rokok elektrik yang beredar di pasaran adalah produk ilegal dan belum terbukti keamanannya. Menurut BPOM, rokok elektrik mengandung nikotin cair dan bahan pelarut propilen glikol, dieter glikol, dan gliserin. Jika semua bahan itu dipanaskan akan menghasilkan senyawa nitrosamine. Senyawa tersebut dapat menyebabkan kanker.

Selain menurun BPOM, World Health Organization (WHO) juga merilis sebuah laporan berisi bahwa produk ini bisa mengeluarkan racun seperti rokok biasa dan dianjurankan untuk tidak menggunakan rokok elektrik di dalam ruangan. Walaupun rokok elektrik tidak mengeluarkan asam, tetapi uap pada rokok elektrik mengandung zat kimia berbahaya juga dapat menimbulkan polusi udara.

Kandungan Pada Roko Elektrik
Pada rokok elektrik terdapat tabung berisi larutan cair yang bisa diisi ulang. Larutan yang biasanya dijadikan isi ulang ini mengandung nikotin, propilen glikol, gliserin, dan perasa. Larutan ini dipanaskan, kemudian muncul uap selayaknya asap. Sebagian perusahaan menjual cairan perasa tertentu. Antara lain perasa mentol/mint, karamel, buah-buahan, kopi, atau cokelat.

Nikotin
Nikotin merupakan zat yang terdapat pada daun tembakau. Ketika nikotin masuk ke tubuh, zat itu bisa mengurangi kadar oksigen yang akan masuk ke darah. Zat yang bersifat candu ini juga bisa mempercepat detak jantung, menaikkan tekanan darah, merusak pembuluh darah dalam jantung, dan mempercepat pembekuan darah yang bisa memicu serangan jantung. Begitu juga dengan akibat-akibat buruk terhadap organ tubuh yang lainnya. ( Baca Juga : Cara Membersihkan Paru-Paru dari Nikotin )

Propilen glikol
Propilen glikol merupakan cairan senyawa organik yang tidak berbau dan tidak berwarna, namun memiliki rasa agak manis. Pada sebuah korespondensi di jurnal ilmiah yang dipublikasikan disalah satu jurnal kedokteran ternama di dunia, NEJM (new england journal of medicine) disebutkan bahwa propilen glikol, pada saat proses vaporasi di rokok elektrik akan menghasilkan senyawa hemiacetal-yang mengandung formaldehid (formalin), yang menyebabkan dihubungkannya penggunaan rokok elektrik terhadap peningkatan resiko kanker.

Gliserin
Gliserin adalah cairan kental tidak berbau dan tidak berwarna. Zat ini sering digunakan pada perpaduan formulasi farmasi. Cairan manis yang dianggap tidak beracun ini sering pula dipakai oleh industri makanan. Gliserin berfungsi sebagai pengantar rasa dan nikotin dalam penggunaan rokok elektronik.

Beberapa penelitian menemukan bahwa rokok elektrik dapat mengakibatkan infeksi paru-paru, memicu inflamasi dalam tubuh dan meningkatkan risiko asma, stroke serta penyakit jantung. Hingga kini status keamanan rokok elektrik terutama yang dampak jangka panjangnya masih diperbincangkan karena klaim dari produsen belum sepenuhnya terbukti. Langkah terbaik yang dapat Anda lakukan adalah menghindari hal yang belum teruji kebenarannya. Alangkah baiknya jika kita bisa sepenuhnya tidak tergantung pada nikotin dan zat apa pun.

Referensi : http://www.alodokter.com/apakah-rokok-elektrik-aman

Itulah informasi seputar Bahaya Rokok Elektrik Yang Perlu Anda Ketahui yang dapat saya sampaikan. Semoga saja dengan adanya informasi yang telah disampaikan ini anda dapat lebih pintar memilih mana yang berbahaya bagi kesehatan tubuh mana yang tidak.

Bahaya Rokok Elektrik Yang Perlu Anda Ketahui

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Bahaya Rokok Elektrik Yang Perlu Anda Ketahui"

Post a Comment